2016 Jadi Tahun Emas untuk Christiano Ronaldo

2016 Jadi Tahun Emas untuk Christiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo sangat bersinar sepanjang tahun ini. Bisa dibilang ini sebagai penebusan turunnya performa di tahun 2015.

Dia gagal membawa Madrid meraih satu pun trofi di tahun itu yang berujung pemecatan Carlo Ancelotti dari posisi pelatih.

Selain itu, Ronaldo dan Madrid juga menjalani bulan-bulan awal yang berat di era Rafael Benitez sebelum dia dipecat di Januari. Puncaknya adalah ketika Ronaldo harus kalah dari Lionel Messi pada perebutan Ballon d’Or 2015.

Namun, kedatangan Zinedine Zidane sebagai pelatih pengganti pada Januari membawa perubahan besar bagi Madrid dan tentunya Ronaldo. Di akhir musim, trofi Liga Champions berhasil dibawa pulang seraya finis di posisi kedua La Liga

Perubahan besar itu berlanjut kala Ronaldo membawa Portugal menjuarai Piala Eropa yang merupakan trofi mayor pertama negara tersebut.

Laju positif Ronaldo di tahun 2016 lantas ditutup dengan manis ketika dia berhasil meraih gelar Ballon d’Or plus Piala Dunia Antarklub di akhir tahun. Selain itu Madrid pun masih melanjutkan tren tak terkalahkan menjadi 35 laga pertandingan.

“Secara kolektif dan individu,mungkin ini tahun terbaik saya sejauh ini,”  tutur Ronaldo seperti dilansir Soccerway.

“Kami memenangi Liga Champions bersama Real Madrid, kami memenangi titel mayor pertama kalinya bersama timnas Portugal, saya menang Ballon d’Or, Piala Dunia Antarklub. Saya tidak bisa meminta lebih lagi,” lanjutnya.

“Orang-orang yang masih meragukan saya, Real Madrid, dan tim nasional, mereka kini sudah melihat buktinya. Kami menjuarai segalanya.”

“Jadi ini tahun yang luar biasa dan saya sangat gembira. Saya ingin berterima kasih kepada rekan-rekan saya di tim nasional serta Real Madrid,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: