5 Pemain Keturunan Belanda Yang Meramaikan Liga 1 Indonesia

5 Pemain Keturunan Belanda Yang Meramaikan Liga 1 Indonesia

5 Pemain Keturunan Belanda Yang Meramaikan Liga 1 Indonesia

Indonesia selalu punya kaitan erat dengan Belanda. Maklum saja negara yang dikenal dengan kincir anginnya itu pernah menjajah kita selama hampir 350 tahun, sebelum akhirnya sempat dijajah Jepang selama 3,5 tahun higga akhirnya kita merdeka pada 17 Agustus 1945.

Di sepak bola kita saat ini banyak pemain hasil naturalisasi. Beberapa pemain yang memiki garis keturunan Belanda bahkan rela mengubah kewarganegaraannya menjadi Indonesia.

Berikut pemain naturalisai asal Belanda maupun pemain yang memiliki keturunan Belanda yang berkarir di Liga 1 Indonesia:

1. Irfan Bachdim

Irfan sejatinya bukan produk naturalisasi, ia sendiri yang memilih menjadi Warga Negara Indonesia saat berusia 17 tahun karena memiliki keturunan Indonesia dari sang ayah.

Irfan saat muda sempat berkarir FC Ultrecht dan sempat bermain di Liga Thailand dan Liga Jepang. Lalu akhirnya pada tahun ini ia memilih berkarier di Indonesia bersama Bali United. Di sana Irfan sukses membawa tim berjuluk Serdadu Tridatu ke posisi papan atas klasemen.

3. Sergio van Dijk

Musim pertama Sergio di Liga Indonesia memang cukup menjanjikan dengan gelontoran golnya. Dia hampir mencetak dua digit di tahun pertamanya. Namun musim ini Sergio lebih sering absen ketimbang membela Persib Bandung. Salah satu faktor yakni cederanya. Ia total hanya membela Maung Bandung sebanyak tiga kali di Liga 1 Indonesia sejauh ini.

4. Raphael Maitimo

Sejatinya Indonesia cukup beruntung menaturalisasi gelandang yang doyan gonta-ganti klub ini. Pasalnya Maitimo bisa bermain di hampir segala posisi, mulai dari bek kanan, bek tengah, gelandang bertahan, gelandang serang, sampai striker. Musim ini ia membela Maung Bandung dan cukup produktif dalam urusan mencetak gol.

5. Stefano Lilipaly

Terbaru adalah Stefano Lilipaly yang memutuskan bergabung dengan Bali United. Stefano akan terus berbaju Bali United untuk 3,5 tahun ke depan.

Sebenarnya kepindahan Lilipaly ke Bali United cukup mengejutkan, mengingat ia cukup sukses di klub sebelumnya SC Cambuur. Saat itu dia nyaris promosi ke Eredevisie Belanda. Dan tak hanya itu, Liliapaly juga tampil cukup tajam dengan torehan 12 gol.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: