Kutukan Wakil Amerika Latin di Tanah Eropa

Kutukan Wakil Amerika Latin di Tanah Eropa

Kutukan Wakil Amerika Latin di Tanah Eropa

Kutukan Wakil Amerika Latin di Tanah Eropa

Piala Dunia 2018 bagaikan kuburan bagi wakil-wakil Amerika Latin. Tak ada satu pun wakil dari Amerika Latin yang mampu menembus semifinal.

Setelah Uruguay dibekap Prancis, Brasil menjadi harapan terakhir Amerika Latin untuk bisa mengganggu dominasi wakil Eropa.

Nyatanya, saat jumpa Belgia di Kazan Arena, Jumat 6 Juli 2018 atau Sabtu dini hari WIB, Brasil malah kolaps. Mereka tak mampu mengimbangi permainan bertenaga Belgia.

Di babak pertama saja, Brasil sudah tertinggal dua gol. Mereka boleh mendominasi permainan pada paruh kedua. Tapi, Brasil kesulitan mencetak dua gol demi memperpanjang napas.

Cuma satu gol yang berhasil disarangkan Brasil pada babak kedua. Alhasil, mereka harus angkat koper.

Kekalahan dari Belgia memperpanjang catatan buruk Brasil saat jumpa wakil Eropa. Dalam empat edisi Piala Dunia terakhir, Brasil selalu disingkirkan wakil Eropa. Mereka yang sukses membuat Brasil manyun adalah Prancis (2006), Belanda (2010), Jerman (2014), dan Belgia (2018).

Dan untuk kali pertama dalam kurun waktu 12 tahun, formasi semifinal diisi oleh wakil Eropa. Secara keseluruhan, dikutip BBC, sudah empat semifinal Piala Dunia seluruh slotnya diisi wakil Eropa. Itu terjadi pada 1934, 1966, 1982, dan 2018. Kebetulan, empat edisi Piala Dunia tersebut digelar di Eropa.

Tersingkirnya Brasil pun menjadi sebuah kepastian, trofi Piala Dunia 2018 akan jatuh ke tangan wakil Benua Biru. Mereka memastikan akan memperpanjang dominasi atas Amerika Latin dalam persaingan di Piala Dunia dengan meraih 12 trofi Piala Dunia, termasuk di edisi 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: