Mourinho: “Bukan Penghargaan Individu Yang Penting, Tapi Penghargaan Tim”

Jose Mourinho dinobatkan sebagai pelatih terbaik dalam gelaran Ballon d’Or 2010. Mou memang mencatatkan prestasi besar tahun itu; ia berhasil mengantarkan Inter Milan meraih treble winners.

Jose Mourinho menegaskan bahwa ia tidak menganggap penting sebuah penghargaan indvidu. Mourinho menyatakan bahwa baginya, yang paling penting adalah tim, bukan individu pemain.

Meski demikian, bukan berarti Mourinho anti terhadap pemberian penghargaan seperti itu. Pasalnya, fans dan media menyukai pergelaran penghargaan seperti Ballon d’Or dan sejenisnya.

“Jujur saja, saya tidak terlalu suka penghargaan individu. Sepakbola adalah olahraga tim dan tim yang memenangkan pertandingan. Tim lebih penting dari pemain. tapi media dan fans menyukai penghargaan semacam itu. Bagi manajer, penghargaan seperti itu menjadi kontradiktif karena kami mengajarkan kerjasama tim, bukan individu saja. Tapi media dan fans juga penting bagi sepakbola, jadi saya tidak menentangnya,” terang Mourinho kepada FIFA.

Mourinho menambahkan bahwa ada beberapa pemain istimewa yang memang pantas mendapatkan penghargaan. Namun penyelenggaraan penghargaan sepakbola saat ini diniiainya sudah berlebihan.

“Ada beberapa pemain spesial yang bisa membuat tim dan rekan-rekannya bermain lebih baik. Pemain seperti ini bisa memberikan pengaruh besar terhadap dinamika permainan timnya. Bagi saya, pemain seperti itu memang istimewa. Tapi saja juga berpikir bahwa penghargaan yang ada sekarang sudah berlebihan. Seminggu setelah penghargaan diberikan, sudah ada kampanye untuk memenangkannya tahun depan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: