Piala Dunia Akan Diikuti 48 Tim Mulai 2026

Piala Dunia akan diikuti 48 tim mulai 2026

Wacana soal penambahan jumlah peserta Piala Dunia sebenarnya sudah didengungkan sejak tahun lalu. Adalah Gianni Infantino yang mengusulkan itu usai terpilih sebagai presiden baru FIFA.

FIFA sudah memutuskan bahwa mulai perhelatan Piala Dunia 2026, bakal ada penambahan tim peserta menjadi 48 negara.

Ide awal Gianni Infantino adalah menambah jumlah peserta Piala Dunia menjadi 40 demi memberikan kesempatan lebih besar kepada negara-negara yang belum pernah mencicipi pesta sepakbola dunia itu.

Keputusan itu mendapat tentangan dari sejumlah pihak terutama klub-klub yang khawatir akan menguras tenaga para pemain, mengingat durasi turnamen akan lebih lama. Sudah begitu, bertambahnya peserta Piala Dunia juga akan membuat persaingan tak lagi kompetitif.

Meski demikian, Infantino menganggap kritikan itu sebagai angin lalu karena dia akhirnya menyetujui penambahan peserta Piala Dunia, tak hanya 40, tapi menjadi 48 atau bertambah sekitar 16 tim dari format lama.

Hal itu ditetapkan dalam rapat dewan FIFA yang dihelat di Zurich, Swiss, Selasa (11/1/2017). Dalam rapat itu diputuskan juga format baru di PD 2026, yakni fase grup dibagi dalam 16 grup yang berisikan tiga tim. Dua tim teratas akan lolos ke babak 32 besar.

“Dewan FIFA dengan suara bulat memutuskan Piala Dunia akan diikuti 48 tim mulai 2026: 16 grup yang diisi tiga tim. Untuk lebih detilnya akan diumumkan setelah pertemuan,” demikian dikutip dari akun Twitter resmi FIFA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: