PSSI: Test Event Asian Games Digelar April Hingga Mei

Test event Asian Games sepakbola terancam batal digelar sesuai rencana pada bulan Februari. PSSI ingin mengajukan jadwal test event mandiri tertanggal 27 April hingga 6 Mei.

Sebelumnya, INASGOC selaku panitia penyelenggara Asian Games 2018 menjadwalkan bahwa test event Asian Games pada pertengahan Februari. Namun rencana itu kemungkinan diundur.

Salah satu alasannya adalah PSSI ingin test event tersebut digelar di venue yang akan dipakai digunakan saat Asian Games berlangsung. Sementara INASGOC berencana menggelarnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), venue yang tidak digunakan di Asian Games berlangsung.

 

Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, menjelaskan bahwa pihaknya akan mengajukan tanggal untuk menggelar test event mandiri kepada INASGOC. Jika direstui, PSSI disebutnya sudah siap baik dari kesiapan venue, kepanitian dan kesiapan tim.

“Dari PSSI kami propose untuk bisa menggelar test event mandiri di bulan April tanggal 27 April sampai 6 Mei. Kami harap dua atau minimal satu dari empat venue yang akan dipakai di Asian Games sudah siap untuk dipergunakan, karena kami lebih baik untuk mengadakannya di tempat di mana nantinya Asian Games berlangsung,” ujar Tisha di Jakarta, Selasa (23/1/2018).

Namun begitu, PSSI masih menunggu arahan dari pemerintah dan INASGOC. Sebab menurutnya kendala saat ini adalah keempat venue tersebut sedang direnovasi.

“Jadi mengenai ke empat venue yang sedang direnovasi saat ini apabila bulan April memang memungkinkan salah satu dari empat itu maka akan kami gelar. Kalau tidak, ya kami kembalikan lagi pada pemerintah seperti apa, karena kalau dari PSSI kepentingannya itu tiga poin tadi,”

Oleh karena itu, Tisha menyebut PSSI berharap sebelum bulan Juni satu atau dua dari empat venue Asian Games bisa dipergunakan. Sebab, jika test event digelar di Juni atau dua bulan sebelum Asian Games dinilai tidak ideal.

“Yang kami tahu skala renovasinya kan berbeda-beda, ada yang besar seperti di Patriot dan ada yang skalanya kecil, mungkin GBLA dan Pakansari salah satunya. Makanya kami mengharapkan apabila dari ke empat itu sudah ada yang ready satu satu atau dua, kami siap untuk melaksanakan test event mandiri,” katanya.

“Nah kalau keempatnya baru siap di bulan Juni, kami mohon pertimbangannya karena itu bulan Juni sudah dua bulan menuju Asian Games. Seyogyanya sudah persiapan matang, apalagi tahun ini banyak event,” Tisha menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: